SMKN 2 Ponorogo Apresiasi dan Aktif Ikuti Kirab Pramuka

Share it:
Bupati Ponorogo H. Sugiri Sancoko lepas peserta Kirab Pramuka dengan pengibaran bendera

PONOROGO – SMK Negeri 2 Ponorogo mengikuti kirab dan parade Pramuka yang bertempat di depan Paseban Aloon - Aloon Kabupaten Ponorogo, Senin 14 Agustus 2023. Selain kirab dan parade juga ada lomba defile, formasi, variasi barisan, dan karnaval pramuka yang menampilkan variasi pakaian adat nusantara Indonesia.

Acara yang diselenggarakan oleh Gerakan Pramuka Kwartir Cabang Ponorogo dengan penanggung jawab Ketua Harian Kwarcab Pramuka Kabupaten Ponorogo Dr. Sumani tersebut digelar dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-62 Gerakan Pramuka Tahun 2023.

Penampilan duta SMKN 2 Ponorogo di Kirab Pramuka yang digelar Kwarcab Pramuka Ponorogo tahun 2023

Sebanyak 12 tim penggalang dan 15 tim penegak unjuk kemampuan pada lomba tersebut. Diberangkatkan oleh Kang Bupati Ponorogo H. Sugiri Sancoko, mereka nampak kompak memamerkan aksi baris - berbaris, formasi, dan yel-yel di depan juri dan penonton. Di saat itulah dihadirkan pula karnaval dan susunan pionering dengan tema keanekaragaman budaya Indonesia.

Kang Bupati Sugiri mengatakan bahwa mengasah dan mengasuh generasi muda, belajar berorganisasi, mencintai sesama, mencintai NKRI penting bagi kader-kader Pramuka itu.

"Saya takjub akan kemampuan peserta. Melalui Pramukalah, saya yakin ke depan akan lahir generasi yang berkarakter kuat, mencintai NKRI dan siap menghadapi tantangan masa depan," katanya.

Sementara itu, Kepala Sekolah SMKN 2 Ponorogo, Farida Halim Handayani mengapresiasi kegiatan pramuka di sekolahnya. Pihaknya berharap para anggota pramuka khususnya pramuka di SMKN 2 Ponorogo bisa meningkatkan kedisiplinan, mempunyai jiwa patriot, bermental baja, dan berwawasan kebangsaan.

Dengan memakai pakaian tradisional peserta dari SMKN 2 Ponorogo ikut memeriahkan acara

“Pramuka SMKN 2 Ponorogo Alhamdulillah bisa mengikuti acara yang diselenggarakan oleh gerakan Pramuka Kwartir Cabang Ponorogo memperingati hari ulang tahun (HUT) ke 62 Gerakan Pramuka Tahun 2023 parade dan kirab pramuka," ungkap Farida.

“Saya sangat mengapresiasi usaha dan latihan seluruh peserta dan juga panitia yang turut berjuang mempersiapkan agenda ini sehingga berjalan lancar dan sukses," tambahnya.

Lebih lanjut, Waka Kesiswaan SMKN 2 Ponorogo, Sri Mulyana, S.Pd. mengungkapkan rasa syukurnya bisa menggelar parade dan kirab pramuka yang diselenggarakan Kwarcab Ponorogo. Selama 2 tahun mereka sempat vakum kegiatan pramuka karena pandemi.

Kompak peserta dari SMKN 2 Ponorogo menampilkan yang terbaik dalam acara Kirab Pramuka Tahun 2023

“Pramuka SMKN 2 Ponorogo mengusung inti tema Papua. Dipilihnya tema Papua ini karena bagi kami Papua adalah wilayah Indonesia yang memiliki banyak kekayaan alam dan budaya yang sangat luar biasa serta burung Cendrawasih yang cantik sebagai kebanggaan kita bangsa Indonesia," ungkapnya.

Adapun rute karnaval yaitu setelah melakukan formasi di Paseban Kabupaten Ponorogo, peserta melanjutkan baris.-berbaris dan karnaval mengelilingi kota. Mulai dari Jl. Yos Sudarso -Jl. Ahmad Yani-Jl. Kumbokarno-Jl. Gajah Mada-Jalan Jendral Sudirman dan finish belakang Panggung Utama Aloon – Aloon Ponorogo


Reporter: Muchtar Azhari
Editor: Sugeng Prasetyo

Share it:

Pendidikan

Post A Comment:

0 comments: