SMPN 4 Sekolah Pelestari Budaya, Singo Mulang Joyo Tampil Memikat

Share it:
Penampilan Reog Singo Mulang Joyo SMPN 4 Ponorogo yang memikat walau persiapan waktu kurang

PONOROGO - Singo Mulang Joyo dari SMPN 4 Ponorogo tampil spektakuler dan mampu menghipnotis penonton di Panggung Utama Aloon-Aloon Ponorogo. Penampilan ini dalam  gelaran perhelatan akbar Festival Reog Remaja dalam rangka Grebeg Suro Ponorogo. Selasa, 11 Juli 2023.

Irma Yuni Rianawati S. Sos, S. Pd, Mpd selaku guru pembina ekstra Reog SMPN 4 Ponorogo saat dikonfirmasi wartawan menyampaikan untuk persiapan kami bisa dibilang sebentar juga bisa, lama juga bisa karena disini sudah ada ektrakurikuler seni reog. Kami sudah latihan intensif jadi kami siap tampil kapanpun dan dimanapun. Sekolah kami juga mempunyai 21 ekstrakurikuler lain.

Lincah dan gesit penampilan para jathil dari Singo Mulang Joyo SMPN 4 Ponorogo

Siswa siswi SMPN 4 Ponorogo dalam penampilannya sudah menampilkan yang terbaik, sudah berjuang secara maksimal. Semoga mendapatkan apresiasi prestasi sesuai apa yang diharapkan.

"Meskipun sempat tegang karena terikat oleh peraturan panitia karena guru pendamping tidak boleh mendampingi saat mau tampil , SMPN 4 Ponorogo tetap bisa tampil maksimal. Semoga kedepan panitia bisa komunikasi lebih baik dengan peserta," paparnya.

Memikat penonton semua gerakan jathil yang dimainkan oleh para siswi SMPN 4 Ponorogo

"SMPN 4 Ponorogo selalu ikut nguri - nguri budaya kesenian Reog Ponorogo. Reog merupakan simbol perjuangan, bagaimana semangat perjuangan, bagaimana berinteraksi dengan Tuhan, dan bagaimana kita menghargai orang lain. Ini sesuai dengan karakter P5 (Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila),” tambahnya.

SMPN 4 Ponorogo dinobatkan sebagai Sekolah Pelestari Budaya. Ini terbukti bahwa Dinas Pariwisata selalu menunjuk kami untuk beberapa kali dipercaya mengikuti event yaitu  Festival Reog, Gelar Budaya, Parade Ganong, Festival Topeng Internasional, dan Menyambut kedatangan Presiden Jokowi.

Tarian warok dengan baik bisa diselesaikan oleh para pemain di atas panggung Festival Grebeg Suro

"Target kita dalam Festival Reog Remaja ini semoga bisa menjadi juara. Kedepan bisa lebih baik lagi dan terus berprestasi membawa nama baik SMPN 4 Ponorogo,” pungkasnya.

Sementara itu Kepala SMPN 4 Ponorogo, Winarti, M.Pd juga menyampaikan bahwa penampilan anak - anak sudah luar biasa.Sebanyak 65 anak totalitas dalam menyajikan penampilan yang terbaik dan maksimal. Semua bersemangat untuk mengeluarkan semua kemampuannya.

Segenap kru group Reog Singo Mulang Joyo SMPN 4 Ponorogo foto bersama sebelum tampil di Panggung Utama Alon-Alon Ponorogo

"Suksesnya penampilan Reog Singo Mulang Joyo ini berkat kerja sama semua pihak. Semua saling mendukung baik Kepala, guru pembimbing, komite, siswa dan orang tua siswa, " jelasnya.

Beliau juga berpesan kepada anak - anak untuk selalu semangat, belajar penguasaan diri, disiplin dan punya manajemen waktu yang baik. Terus asah potensi dan berkembang lebih baik lagi.

"Harapannya semoga mendapatkan juara, tiap tahun selalu berkembang dan lebih baik lagi, "pungkasnya.


Reporter: Muchtar Azhari
Editor: Sugeng Prasetyo

Share it:

Ponorogo

Post A Comment:

0 comments: