Lulusan SMKN 1 Badegan 2023/2024 Bertabur Prestasi

Share it:
Prosesi wisuda/purnawiyata oleh Kepala SMK Negeri 1 Badegan pada lulusan tahun ajaran 2023/2024

PONOROGO - Dalam rangka pelepasan siswa kelas XII tahun pelajaran 2023/2024, SMKN 1 Badegan menggelar purnawiyata yang diikuti oleh Siswa beserta orang tua dan segenap Bapak dan Ibu Guru. Senin (29/4/2024).

Purnawiyata yang berlangsung di Graha Gista Jaya itu terasa istimewa karena dihadiri oleh Kepala Cabang Dinas Pendidikan Jawa Timur Wilayah Ponorogo - Magetan, Supardi SH. M. Pd ,dan  juga bertabur prestasi membanggakan.

Terbukti, dalam momen spesial itu diwarnai prosesi penyerahan penghargaan kepada the best student.

Turidjan, S.Pd, M.Pd selaku Kepala SMKN 1 Badegan saat dikonfirmasi wartawan mengatakan capaian prestasi SMKN 1 Badegan sungguh luar biasa.

Suasana purnawiyata SMKN 1 Badegan penuh keakraban dengan wali murid

Saya sampaikan di antaranya, meraih empat kejuaraan di lomba kompetensi siswa (LKS) Tingkat Provinsi Jawa Timur. Yakni juara 2 motor cycle repair and maintenance, juara 3 painting dan juara 4 kuliner dan juara 5 TKR.

Selain itu, SMKN 1 Badegan menjadi peringkat ke 4 siswa terbanyak yang lolos SNBP se Kabupaten Ponorogo.

Istimewanya lagi , SMKN 1 Badegan juara 1 kreatifitas remaja tingkat provinsi dan juara 1 lomba mural pada hari jadi provinsi Jawa Timur.

Tak kalah hebat, SMKN 1 Badegan juara 1 MPM se Jatim dan NTT. “Ini menjadi bukti kualitas tidak hanya teori,” sebutnya.

Prestasi juga diraih menjadi peringkat 7 besar se Indonesia. Juga juara tari tingkat SMA/SMK se Jatim di Unmuh, juara 1 pa pi Popda bidang Voli hingga juara 1 di SMKN 1 Jenangan.

“Jadi prestasi anak-anak lengkap baik akademik dan non akademik,” sebutnya.

Antusias para tamu undangan menyaksikan jalannya purnawiyata siswa-siswi SMKN 1 Badegan

Turidjan menyebutkan, prestasi membanggakan turut pula dipersembahkan para tenaga pendidik. “Alhamdulillah kami punya guru luar biasa,” sebutnya.

Ada guru penggerak lolos pengajar praktek dan kini menjadi fasilitator. Ada pula satu guru penggerak yang lolos dan enam guru penggerak yang April ini selesai. “Ini artinya prestasi gurunya luar biasa,” sebutnya.

Kemudian dalam rangka memberikan pelayanan yang terbaik kepada siswa, sekolah dan komite sangat suport untuk meningkatkan.

“Antara sekolah dan komite sekufu artinya mindsetnya sama peningkatan karakter,” sebutnya.

Adapun untuk peningkatan karakter itu, sekolah menggelar setiap hari ada membaca Al Quran awal pelajaran. Lalu ada, one day one juz. Termasuk kajian setiap 35 hari sekali.

"Saya sangat mengapresiasi semangat keluarga besar sekolah menyambut niat baiknya meningkatkan kualitas. Saya mengajak agar sekolah tidak puas seperti ini saja. Jadi mind set nya harus berubah. Setelah saya sampaikan "ojo ngene ae " ternyata merespon positif dan hasilnya luar biasa,” paparnya.

Ternyata hasilnya luar biasa. Siswa bersemangat pula meraih prestasi tidak hanya di kabupaten tapi bisa provinsi sampai nasional.

Bahkan tercatat, ada 108 siswa yang melaporkan diri sudah terserap di dunia usaha maupun industri. “Jumlah ini masih bisa terus bertambah,” sebutnya.

Pihaknya berharap, 568 siswa yang berasal dari jurusan TKR 225 siswa, TKJ 190, Kuliner 68 dan TBSM 75 bisa terserap semuanya.

“Kami berpesan, karena kita berangkat dari tempat indah maka di manapun harus bisa memberikan warna yang indah. Jadi di manapun dan kapanpun nilai positif harus ditebarkan dan nilai negatif harus ditanggalkan,” pungkasnya.

Pelaksanaan purnawiyata pun berlangsung lancar dan sukses. Ditambah lagi apresiasi yang disampaikan Kepala Cabang Dinas Pendidikan Wilayah Ponorogo Supardi, SH, M.Pd.

" Semoga SMKN 1 lulus 100 persen hari ini kita berkumpul silaturahmi bapak ibu guru wali murid dalam keadaan sehat walafiat ,sudah banyak yang di sampaikan bapak Kepala sekolah, saya hanya mengucapkan terimakasih kepada bapak ibu guru wali , komite yang telah berkolaborasi menghantarkan anak-anak yang insyaallah akan menjadi anak yang sukses. Jelas Supardi.

Lebih lanjut beliau juga menjelaskan bahwa semoga seluruh siswa kelas XII lulus 100 persen. Catatan kami dari tahun ketahun SMKN 1 Badegan Ponorogo membantu menyelesaikan masalah pengangguran karena ini masalah kita semua, "pungkasnya.


Reporter: Muchtar Azhari
Editor: Sugeng Prasetyo

Share it:

Pendidikan

Post A Comment:

0 comments: