Cinta Ki Hajar Dewantoro, SMKN 2 Ponorogo Gelar Upacara Hardiknas

Share it:
Penghormatan Sang Saka Merah Putih oleh peserta upacara memperingati Hari Pendidikan Nasional

PONOROGO - Dalam rangka memperingati Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) Tahun 2024, SMK Negeri 2 Ponorogo melaksanakan kegiatan upacara bendera yang bertempat di lapangan upacara SMK Negeri 2 Ponorogo . Kamis, 2 Mei 2024.

Upacara diikuti oleh seluruh warga sekolah dengan mengenakan pakaian adat. Dalam upacara Hardiknas ini bertindak sebagai pembina upacara adalah Shaiful Abidin, M.Pd., Ketua Tim Penjaminan Mutu Pendidikan Sekolah (TMPS) SMKN 2 Ponorogo.

Khidmat para peserta upacara memperingati Hari Pendidikan Nasional di SMKN 2 Ponorogo

Dalam amanatnya, pembina upacara menyampaikan Pidato Menteri Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi Republik Indonesia, Bapak Nadiem Anwar Makarim yang menekankan transformasi pendidikan yang sudah dilakukan di Indonesia yang dikenal dengan gerakan Merdeka Belajar. Harapannya melalui kegiatan peringatan Hardiknas ini bisa membawa Indonesia untuk melompat ke masa depan dan terus bergotong royong menyemarakkan dan melanjutkan gerakan Merdeka Belajar.

Farida Hanim Handayani S.Pd. M.Pd selaku Kepala SMKN 2 Ponorogo melalui Shaiful Abidin, M.Pd saat dikonfirmasi wartawan menyampaikan Hari Pendidikan Nasional ini sebagai wadah mengenang jasa Ki Hajar Dewantoro dengan filosofi yang luar biasa.

Foto bersama dalam balutan pakaian nusantara di sela acara peringatan Hardiknas

Ki Hajar Dewantoro berjuang dibawah tekanan penjajah sulitnya mengakses pendidikan. Sekarang ini akses sudah mudah sehingga anak anak dengan peringatan ini bisa memberikan motivasi belajarnya semakin tinggi, " jelasnya.

Pesan kami kepada siswa sekarang ini " Pemerintah lebih memberikan akses yang mudah tentang pendidikan jadi lebih semangat. Hanya dengan pendidikan bisa merubah hidup sesuai dengan apa yang kita inginkan,” sebutnya.

Pembina upacara di peringatan Hardinas 2024

Ia juga berpesan kepada guru " Sebagai seorang guru ,seorang pemimpin pembelajaran harus mengambil filosofi dari Ki Hajar Dewantoro yaitu Ing Ngarso Sung Tulodho, Ing Madyo Mangun Karao, Tut Wuri Handayani. Seorang guru bisa memberi teladan yang baik kepada siswa, masyarakat dan untuk semuanya,” pungkasnya.


Reporter: Muchtar Azhari
Editor: Sugeng Prasetyo

Share it:

Sejarah

Post A Comment:

0 comments: