Pesantren Ramadhan dan Pemakmuran Masjid Program Kawah Candradimuka Siswa SMADA

Share it:
Para siswa-siswi SMAN 2 Ponorogo antusias mengikuti jalannya Pesantren Ramadhan 1445 H

PONOROGO - Bulan suci Ramadhan merupakan bulan penuh hikmah dan penuh pengampunan. Karenanya, momentum itu harus betul-betul dimanfaatkan guna peningkatan iman dan taqwa (imtaq) kepada Allah SWT melalui kegiatan pesantren ramadhan di sekolah-sekolah. Kegiatan ini sebagai pendorong meningkatkan kadar keimanan dan ketaqwaan serta pemahaman lebih mendalam tentang agama bagi siswa-siswi.

Senada dengan hal tersebut  seluruh siswa kelas X, XI SMA Negeri 2 Ponorogo mengikuti pesantren ramadhan yang di adakan di sekolah selama empat hari dan dimulai tanggal 1 - 4 April 2024.

Kepala SMAN 2 Ponorogo Mursid, SPd. M.Pd saat dikonfirmasi wartawan mengatakan hari ini kita adakan pembukaan pesantren Ramadhan yang diikuti oleh seluruh kelas X dan XI.

Kepala SMAN 2 Ponorogo menyerahkan bingkisan di sela-sela acara Pesantren Ramadhan

Istimewanya sebelum mengikuti pesantren Ramadhan siswa SMAN 2 Ponorogo juga mengikuti kegiatan Pemakmuran Masjid Sabilur Rosyad SMA Negeri 2 Ponorogo yang berlangsung selama sepuluh hari dari tanggal 12 hingga 24 Maret 2024, dengan pembagian 2 kelas perhari yang didampingi oleh bapak ibu guru dan wali kelas. Adapun kegiatannya dimulai dari buka bersama sholat magrib berjamaah di teruskan Sholat taraweh,” terang Mursid.

Lebih lanjut beliau juga menjelaskan bahwa di Pesantren Ramadhan kita bagi menjadi dua gelombang, yang pertama diikuti oleh siswa putra yang berlangsung dari tanggal 1-2 April 2024. Untuk siswa putri tanggal 3-4 April 2024, dengan materi pendidikan keagamaan dan pendidikan karakter yang disampaikan oleh Ustadz dari Unida pondok modern Gontor.

Saling berjabat tangan menjadi pembiasaan di acara Pesantren Ramadhan

"Kita adakan Pesantren Ramadhan ini dengan tujuan memberikan pelatihan dan bimbingan terkait dengan keagamaan, anak-anak perlu dicas kembali dan semoga anak-anak bisa memahami terkait materi ini, selain itu juga untuk meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT,” tambahnya.

“Ikutilah pesantren ramadhan ini dengan sungguh-sungguh karena sangat bermanfaat untuk dirinya sendiri. Pesantren Ramadhan ini bisa di ibaratkan sebagai kawah candradimuka, setelah mengikuti Pesantren Ramadhan ini diharapkan menjadi orang yang agamis, bisa mengenal dirinya sendiri dengan baik, karakternya lebih baik lagi dan semoga ini menjadi berkah di bulan Ramadhan." Pesan Mursid kepada seluruh siswa.


Reporter: Muchtar Azhari
Editor: Sugeng Prasetyo

Share it:

Pendidikan

Post A Comment:

0 comments: