Siswa-Siswi MAN 2 Ponorogo Mondok 5 Hari

Share it:
Tausyiah oleh ustadz yang ahli sesuai bidang kepada para siswa yang mengikuti pondok Ramadhan

PONOROGO - Kegiatan Pondok Ramadhan merupakan sebuah kegiatan yang diwajibkan untuk setiap madrasah. Pondok Ramadhan yang dilaksanakan di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 2 Ponorogo ini dimaksudkan untuk melatih para siswa bagaimana rasanya suatu pendidikan yang ada di Pondok Pesantren.

Di MAN 2 Ponorogo kegiatan Pondok Romadhon ini dilaksanakan mulai tanggal 18 Maret 2024 sampai dengan tanggal 29 Maret 2024 dan wajib diikuti oleh seluruh siswa kelas X dan kelas XI. Kegiatan dilaksanakan sesuai dengan ketentuan atau panduan dari Kanwil Kemenag Jawa Timur.

Kepala MAN 2 Ponorogo Drs. Tarib, M.Pd.I  melalui Waka Kurikulum Taufik Effendi, S.Ag. M. Pd.I menyampaikan bahwa saat ini kita semua menjadi orang beruntung. Karena salah satu indikator kriteria orang beruntung adalah orang-orang yang ditunjukkan untuk belajar agama. Dan tidak semua orang ditunjukkan hal tersebut.

Para siswi (putri) pun wajib mengikuti pondok Ramadhan menginap 5 hari di sekolah

Lebih lanjut disampaikan bahwa pada Pondok Romadhon tahun ini menggunakan Tipe A atau mukim. Pelaksanaannya terdiri dari 2 sesi yaitu putra sendiri, putri sendiri. Putra 5 hari dan putri juga 5 hari. Total peserta sebanyak 800 an.

"Maksud dan tujuan menginap yaitu anak-anak kita upayakan pernah mondok, walaupun tidak di pondok pesantren tapi selama 5 hari seluruh kegiatan sama seperti di pondok, merasakan suasana seperti di pondok," paparnya.

Antusias para siswi untuk mengikuti jalannya Pondok Ramadhan

"Terkait pemateri untuk materi reguler diambil dari pengasuh ma'had dan guru MAN 2 Ponorogo yang berkompetensi di bidangnya. Untuk materi moderasi beragama diambilkan dari luar. Isi materi sesuai edaran yang ada yaitu mengarah pada peribadahan, akhlak dan moderasi beragama," jelasnya.

"Tentang pendidikan karakter  kami mengkaji 2 kitab dengan harapan seluruh siswa siswi memiliki akhlakul karimah,” ujarnya.

Kepada para siswa siswi MAN 2 Ponorogo kami berpesan mari kita niatkan dan ikuti kegiatan ini dengan sebaik baiknya. Masalah hasil nanti biar ditentukan oleh kedisiplinan masing-masing. Kita harus mencapai 3 hal kebaikan atau merugi jika tidak mengikuti.

Ucapan selamat menjalankan ibadah Puasa Ramadhan oleh Kepala MAN 2 Ponorogo bersama Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Ponorogo

Harapan utama disampaikan Taufik, semoga pemahaman siswa siswi melebihi kegiatan yang sudah dilaksanakan. Bisa melampaui batas tentang materi - materi yang disampaikan. Dan mengimplementasikan pada kehidupan sehari - hari.

"Selamat mengikuti pondok romadhon, semoga bermanfaat untuk semuanya," pungkasnya.


Reporter: Muchtar Azhari
Editor: Sugeng Prasetyo

Share it:

Pendidikan

Post A Comment:

0 comments: