Fokus Sektor Unggulan, Musrenbang Kabupaten 2024 Bupati Garis Bawahi Peningkatan Kualitas SDM

Share it:

Kang Bupati Sugiri Sancoko saat berada di tengah acara Musrenbang Kabupaten Ponorogo 2024

PONOROGO - Masih berkutat di wilayah penguatan empat sektor unggulan, Pemkab Ponorogo menggelar Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) 2024. Kegiatan dilaksanakan di Gedung Sasana Praja, Senin (4/3/2024).

Bupati Ponorogo Sugiri Sancoko menuturkan empat sektor yang dimaksud yakni sektor pertanian, pariwisata, kesehatan dan pendidikan. Untuk mencapai target tersebut, maka harus dilakukan peningkatan kualitas SDM secara menyeluruh khususnya para abdi negara atau ASN.

"Untuk mencapai hal itu SDM harus bagus. Maka peningkatan kualitas SDM menjadi andalan pertama. Kedua baru masalah kemiskinan. Kemiskinan ekstrem kami sudah nol," ungkapnya usai acara.

Fokus sektor dasar, kata Kang Bupati diharapkan mampu mendongkrak target Pendapatan Asli Daerah (PAD) yang mencapai Rp 1 triliun pada lima tahun mendatang. Karena itu, beberapa tahun terakhir Pemkab Ponorogo getol melakukan perbaikan infrastruktur.

"Banyak cara yang kami lakukan, dan itu sudah kami buktikan dengan menambah sektor sektor yang bagus. Jadi episentrum, ada belanja di sini, ada spending di sini, maka wisata dan budaya di Ponorogo jadi andalan. Itu yang paling penting," paparnya.

Kepala Bappeda Litbang Ponorogo, Agus Sugiharto menambahkan Musrenbang 2024 kali ini digelar sebagai tahapan akhir penyusunan RKPD Kabupaten Ponorogo tahun 2025, sekaligus RPJPD 2025-2045.

"Musrenbang ini adalah salah satu tahapan untuk penyusunan RKPD 2025 dan juga RPJPD 2025-2045. Dan ini sudah dilaksanakan dari tingkat desa dan kecamatan. Kami juga sudah melaksanakan Forum Konsultasi Publik," terangnya.

Hadir dalam Musrenbang Kabupaten 2024, Staf ahli Gubernur Jawa Timur, Joko Irianto, pejabat Bakorwil 1 Madiun, dan pejabat pemerintah Kabupaten di eks Karesidenan Madiun. Selain itu ada juga undangan dari Ormas seperti NU dan Muhammadiyah, seluruh camat, lurah, akademisi, media serta sejumlah elemen masyarakat lainnya. (*)


Reporter: Umi Sholikah
Editor: Sugeng Prasetyo

Share it:

Ponorogo

Post A Comment:

0 comments: