OG KEMBALI DIGELAR UNTUK MEWADAHI POTENSI PESERTA DIDIK

Share it:
Penyerahan hadiah kepada para pemenang lomba Olimpiade Ganesha tahun 2024  

PONOROGO - Kepala SMAN 1 Ponorogo Dasar Daminto S.Pd ,M. Pd membuka secara resmi  Olimpiade Ganesha (OG) yang diselengarakan oleh SMAN 1 Ponorogo. Olimpiade Ganesha (OG) merupakan salah satu ikon ajang bergengsi SMAN 1 Ponorogo, Sabtu 24 – 25 Februari 2024.

Kegiatan Olimpiade Ganesha (OG ‘24) merupakan agenda tahunan yang diselenggarakan oleh Sekolah Menegah Atas Negeri 1 (SMAN 1) Ponorogo. OG ‘24 ini diperuntukkan untuk peserta didik kelas IX (sembilan) SMP/MTs tingkat Jawa Timur tahun pelajaran 2023/2024, yang meliputi bidang akademik dan non-akademik.

Pembukaan Olimpiade Ganesha oleh Kepala SMA Negeri 1 Dasar Daminto, S.Pd. 

Kepala SMAN 1 Ponorogo Dasar Daminto S.Pd ,M.Pd dalam sambutannya menyampaikan bahwa Alhamdulillah Olimpiade Ganesha ini kita gelar rutin mulai tahun 2004 hingga sekarang tahun 2024. Artinya kita sudah mengadakan event ini selama 20 tahun.

"Perlombaan ini sebagai bentuk untuk mewadahi dan meningkatkan potensi peserta didik yang memiliki kemampuan lebih baik  bidang akademik dan non akademik sehingga akan muncul peserta didik berprestasi khususnya di Ponorogo dan umumnya Provinsi Jawa Timur .Dan endingnya nanti bagi yang mendapat juara 1,2,3 piagamnya bisa dijadikan syarat mendaftar kejenjang yang lebih tinggi baik SMA /MA dan bisa menjadi pertimbangan diterima di SMAN 1 Ponorogo melalui seleksi jalur prestasi,” jelasnya.

Pembukaan Festival Tari Lepas Reog di Olimpiade Ganesha dengan pemukulan goong

"Selanjutnya kami ucapkan selamat mengikuti lomba dengan bersungguh - sungguh. Mudah-mudahan hasilnya bisa maksimal,bisa menambah potensi serta mental,bermanfaat untuk masa depan siswa dan membawa nama baik sekolahnya masing-masing,” Tambahnya.

"Harapannya semoga kedepan dapat kita gelar lagi dengan jumlah peserta yang lebih banyak lagi .Bisa sukses penyelenggaraan dan juga sukses kejuaraan," pungkasnya.

Abi Kusno Cokro Suyono S. Pd selaku Waka Humas dan ketua panitia Olimpiade Ganesha mengatakan alhamdulillah SMAN 1 menggelar Olimpiade Ganesha dengan berapa cabang lomba yaitu akademik dan non akademik. Total peserta 603 peserta, terinci dari 39 sekolah SMP/MTs se Jawa Timur.

Penampilan dari salah satu tim peserta loma tari jathil

Untuk perlombaan yang akademis yaitu Matematika, IPA, IPS, Bahasa Inggris dan Informatika.Sedang non akademis yaitu baca puisi, vokal solo, story telling dan  tari lepas seni reog. Sedangkan lomba bidang olah raga terdiri dari, lari 100 meter,lari 800 meter, lompat jauh, lempar lembing dan tolak peluru.

Tujuan kegiatan ini adalah selain mencari embrio siswa dan mewadahi siswa yang berprestasi juga piagamnya bisa dipakai untuk mendaftar di SMAN 1 Ponorogo.

Ajang ini walaupun disekolah lain ada tapi ini ajang yang harus diikuti karena untuk mengasah potensi siswa. Bisa melihat sejauh mana kemampuan para siswa.

Para pemenang foto bersama kepala SMA Negeri 1 Ponorogo

"Harapannya potensi baik akademis dan non akademis semakin meningkat, prestasi di Jawa Timur juga terus meningkat. Ketika mental para siswa sudah diasah dari awal, kompetisi tingkat selanjutnya tidak nerveus dan lebih percaya diri,” pungkasnya.

Sementara itu Asroji M. Pd I selaku Waka Kurikulum yang mengurusi bidang Akademis mengatakan ada 5 bidang lomba yaitu matematika, IPA, IPS, Bahasa Inggris dan informatika. tujuannya yaitu menjaring potensi, memacu kemampuannya sejak SMP.

Teknisnya seluruh peserta babak diawal penyisihan menggunakan komputer, disaring 10 terbaik dari masing - masih mapel dan babak final dengan tes tulis.Khusus bahas Inggris final dengan kemampuan pidato bahasa Inggris.

"Kepada seluruh peserta saya ucapkan terimakasih sudah bergabung .Mudah mudahan bisa meningkatkan potensi dan kemampuannya. Tetap semangat, Juara bukan satu satunya jalan untuk sukses,” pungkasnya.


Reporter: Muchtar Azhari
Editor: Sugeng Prasetyo

Share it:

Head Line

Post A Comment:

0 comments: