SMPN 1 Ponorogo Manfaatkan Momentum Maulid Nabi Beri Gizi Rohani dan Jasmani

Share it:
Dr. KH. Luthfi Hadi Aminudin Ketua Baznas Kabupaten Ponorogo bersama Kepala SMPN 1 Ponorogo Dr. Imam Mujahid di sela-sela acara Maulid Nabi Muhammad SAW

PONOROGO - Momentum Maulid Nabi Muhammad SAW dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya oleh SMPN 1 Ponorogo dengan kegiatan peningkatan ketaqwaan kepada Alloh SWT. Acara ini mengambil tema "Meneladani akhlak Rosululloh sebagai sumber inspirasi bagi generasi Islami ".

Istimewanya selain peningkatan gizi rohani juga digelar peningkatan gizi jasmani berupa edukasi membudayakan pola konsumsi pangan yang beragam, bergizi seimbang, dan aman (B2SA) dari Badan Pangan Nasional dan Dinas Pertanian, Ketahanan Pangan dan Perikanan (Dipertahankan) Kabupaten Ponorogo. Rabu 11 Oktober 2023.

Sambutan dari Kepala SMPN 1 Ponorogo, Dr. Imam Mujahid di hadapan para siswa-siswi

Drs. Imam Mujahid. MA selaku Kepala SMPN 1 Ponorogo menyampaikan hari ini ada 2 kegiatan yang berkolaborasi. Pertama  Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW berupa Sholat Dhuha berjama'ah, Sima'an Al qur'an 3 jus, tausiyah dan do'a bersama oleh Ketua MUI Ponorogo KH. Dr. Luthfi Hadi Aminuddin M.Ag. Acara dilanjutkan dengan makan bersama dan berbagi makanan ke yayasan yatim piatu. Ini merupakan peningkatan gizi rohani.

Lebih lanjut dijelaskan bahwa selain itu juga ada kegiatan Peningkatan gizi jasmani. Kegiatan ini dalam rangka peningkatan gizi fisik edukasi B2SA dari Dinas Dipertahankan Ponorogo agar anak - anak benar - benar menjadi siswa yang Cerdas otaknya, bersih hatinya, berakhlak mulia.

Pemberian makanan sehat dalam Peningkatan gizi fisik edukasi B2SA dari Dispertahankan Kabupaten Ponorogo

Dalam acara edukasi makanan B2SA ini dijelaskan agar anak - anak terbiasa dengan makan sehat untuk peningkatan gizi. Makanan tradisional yang sehat yang alami dan bergizi.Untuk kantin sekolah kita juga sudah sehat dan bersertifikat halal," paparnya.

"Dalam peringatan Maulid Nabi ini, Keteladanan nabi harus dicontoh di kehidupan sehari hari. Kita harus selalu berakhlak seperti Rosululloh, " jelasnya.

Pembiasaan membaca Al-Qur'an oleh para siswa SMPN 1 Ponorogo

SMPN 1 Ponorogo juga ada program pembiasaan setiap hari yaitu pagi hari sudah berwudhu dari rumah, masuk masjid, sholat dhuha, muroja'ah Alqur'an dan berdoa'. Setelah itu ada jama'ah dhuhur. Ada P5 dan tahsin Al Qur'an dan Sholat  'Ashar berjama'ah.

Selain itu kita juga ada program Jum'at PROSEJAROH yaitu program sehat jasmani dan rohani. Kegiatan digelar di 3 tempat ,yaitu dihalaman sekolah senam kebugaran bersama instruktur,di masjid pembinaan spiritual dan di hall ada pembinaan mental dan motivasi. Setiap jum'at rutin dilakukan.

Pembacaan Al-Qur'an bersama-sama oleh siswi SMPN 1 Ponorogo

"Harapannya semoga bisa meningkatkan gizi rohani agar terisi jiwa-jiwa yang mulia penuh ketaqwaan dan bisa meningkatkan gizi jasmani agar anak-anak sehat dan hebat penuh prestasi, "pungkasnya.

Sementara itu Drs. Hery Sutrisno selaku Plt Kepala Dinas Pertanian, Ketahanan Pangan dan Perikanan (Dipertahankan) Kabupaten Ponorogo dalam sambutannya memberikan ucapan terimakasih kepada SMPN 1 Ponorogo yang sudah memberikan kepercayaan untuk mengadakan kegiatan di sekolah ini.

Drs. Hery Sutrisno selaku Plt. Kepala Dispertahankan Kabupaten Ponorogi memberi bekal gizi fisik kepada para siswa-siswi SMPN 1 Ponorogo

Lebih lanjut dijelaskan hari ini kita datang untuk berbagi pengalaman bersama Badan Pangan Nasional untuk memberikan edukasi tentang makan yang bergizi dan aman agar anak - anak sehat fisiknya, sehat badannya dan sehat hatinya. Nanti mohon didengarkan dan dipahami agar kita terbiasa makan makanan yang sehat dan alami.

"Anak - anak,mari kita jangan berhenti bersyukur menjadi siswa SMPN 1 Ponorogo. Kita menjadi contoh apapun bagi siswa di sekolah lain, baik perilakunya, tindak tanduknya, kemampuan otaknya , ucapan lesannya dan pendidikannya. Maka dari itu kita harus seimbang sehat jasmani dan rohani agar terus bisa berprestasi," pungkasnya.


Reporter: Muchtar Azhari
Editor: Sugeng Prasetyo

Share it:

Head Line

Post A Comment:

0 comments: