Dinkes Ponorogo Hadirkan Orang No 1 Ponorogo dan Tokoh Kesehatan Peringati Hari Pasien Sedunia

Share it:
Semangat dan kekompakkan bersama dengan Kang Bupati dan Wakil Bupati Ponorogo

PONOROGO - Dalam upaya meningkatkan kesadaran akan pentingnya keselamatan pasien, Pemerintah Kabupaten Ponorogo melalui Dinas Kesehatan memperingati Hari Keselamatan Pasien Sedunia di Gedung Sasana Praja Ponorogo, Selasa (19/9/2023).

Ketika pasien diposisikan sebagai mitra selama proses perawatan, maka terjadi peningkatan yang signifikan dalam hal keselamatan dan kepuasannya. Pesan itu tersirat dalam peringatan Hari Keselamatan Pasien Sedunia. World Health Organization (WHO) mengusung tema Hari Keselamatan Pasien Sedunia 2023 ‘’Engaging Patients for Patient Safety’’ atau ‘’Pelibatan Pasien untuk Keselamatan Pasien”.

Penandatanganan komitmen bersama di sela-sela acara peringatan Hari Keselamatan Pasien Sedunia

Momentum istimewa ini dihadiri oleh Bupati Ponorogo Sugiri Sancoko dan Wakil Bupati Lisdyarita dalam peringatan Hari Keselamatan Pasien Sedunia yang diikuti sekitar 600 peserta berasal dari fasilitas layanan kesehatan milik pemerintah dan swasta. Mereka bersama pejabat rumah sakit dan Kepala Dinas Kesehatan menandatangani komitmen bersama untuk meningkatkan keselamatan pasien.

Kang Bupati –sapaan Bupati Sugiri Sancoko—mengharapkan seluruh fasilitas layanan kesehatan di Ponorogo mengutamakan keselamatan pasien. ‘’Layani pasien dengan sebaik-baiknya, senyum dan pelayanan yang baik adalah separo dari kesembuhan,” katanya.

Sambutan Kang Bupati Ponorogo Sugiri Sancoko

Setiap fasilitas pelayanan kesehatan wajib melaksanakan standar keselamatan pasien sesuai amanat Undang-Undang Nomor 17 Tahun 2023 tentang Kesehatan. Kang Bupati mencermati fasilitas layanan kesehatan di Ponorogo baik negeri maupun swasta sudah berupaya meningkatkan pelayanan dengan memperhatikan kepentingan para pasien dan atau keluarga mereka. ‘’Pasien adalah partner (mitra) dalam proses pelayanan kesehatan,’’ jelasnya.

Tema World Patient Safety Day (Hari Keselamatan Pasien Sedunia) 2023 seolah memberikan pengakuan atas peran penting pasien dan keluarganya dalam keselamatan layanan kesehatan.

Sambutan Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Ponorogo

Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Ponorogo Dyah Ayu Puspitaningarti mengungkapkan bahwa pasien memiliki potensi besar untuk berperan aktif dalam menjaga keselamatan mereka sendiri serta mencegah terjadinya kesalahan medis dan insiden yang tidak diinginkan. ‘’Pasien berhak memilih penyedia layanan yang paling sesuai dan mendapat kepastian diagnosis yang tepat,’’ ungkapnya.

Selain itu, hak pasien menentukan perawatan yang paling efektif. Kadinkes menyebut peringatan Hari Keselamatan Pasien Sedunia tanggal 17 September setiap tahun akan selalu menekankan prioritas keselamatan pasien. Butuh aksi nyata untuk mengurangi risiko dalam perawatan kesehatan.

Foto bersama penuh semangat dan kekompakkan

"Peringatan Hari Keselamatan Pasien Sedunia tahun ini difokuskan pada keselamatan ibu dan bayi baru lahir, terutama seputar waktu persalinan yang seringkali memiliki risiko tinggi," jelasnya.

“Waktu persalinan sangat beresiko tinggi oleh sebab itu keselamatan adalah prioritas utama" ujarnya.

Ayu berharap bahwa peringatan Hari Keselamatan Pasien Sedunia dapat membantu menurunkan angka kejadian yang berhubungan dengan pelayanan kesehatan sehingga dapat menyelamatkan banyak nyawa.

Seminar kesehatan bersama tokoh kesehatan nasional

Dinas Kesehatan Ponorogo juga mendatangkan Prof. dr. Adi Utarini, M.Sc, MPH, Ph. dari Universitas Gajah Mada sebagai narasumber. Ia merupakan salah satu 100 orang yang berpengaruh di dunia. Akademisi dari UGM ini mentransfer ilmunya ke seluruh perwakilan instansi kesehatan yang berada di wilayah Ponorogo.


Reporter: Muchtar Azhari
Editor: Sugeng Prasetyo

Share it:

Kesehatan

Post A Comment:

0 comments: