SMPN 1 Ponorogo “Jagonya Dalang”, Fatikh Juara 3 Nasional

Share it:
Muhammad Fatikh Assegaf sukses memenangi juara 3 dalam Festival Dalang Cilik Nasional 2022

PONOROGO, KOTA - Komitmen SMPN 1 Ponorogo, Jawa Timur dalam melestarikan budaya semakin membara dan bergelora. Terbukti Muhammad Fatikh Assegaf kembali menunjukkan SMP Negeri 1 Ponorogo memang unggul. Pelajar kelas 9 itu berhasil  mendapatkan juara 3 tingkat nasional mewakili Jawa Timur dalam Festival Dalang Anak Nasional Tahun 2022 di Kota Tua Taman Fatahillah Jakarta yang digelar mulai 22 hingga 24 September lalu.

Drs H. Imam Mujahid, MA Kepala Sekolah SMPN 1 Ponorogo, saat dikonfirmasi wartawan mengaku bangga dan bersyukur atas prestasi anak didiknya tersebut, bukan rahasia lagi jika Fatih jago mendalang  karena  sudah sering tampil di berbagai kesempatan dan selalu pulang dengan penghargaan. Maka pihak sekolah selalu memotivasi dan memberikan ruang untuk mewujudkan cita-citanya menjadi Dalang yang profesional.

Kepala SMPN 1 Ponorogo, Imam Mujahid bersama Fatikh usai sukses membawa nama baik sekolah

"Salah satunya menyiapkan wadah khusus dalam ekstrakurikuler mendalang dan karawitan, dalam Festival Dalang Anak Nasional kemarin. Dalam hal ini pihaknya juga mengirimkan 30 pelajar yang tergabung dalam tim karawitan," jelasnya.

Saat festival kemarin, lanjut Imam Mujahid, seniman cilik asal SMPN 1 Ponorogo ini  memainkan lakon Begawan Ciptaning. "Kami sangat bersyukur dan bangga karena di era ini masih ada generasi milenial yang peduli terhadap budaya, yang mencintai kesenian tradisional,” ujarnya.

Wayang kulit dipandang Imam Mujahid, didalamnya mengandung banyak filosofi kehidupan, termasuk pendidikan karakter yang sangat banyak. Dan itu perlu digali, sehingga nanti cerita-cerita wayang yang ditampilkan itu mengandung banyak pendidikan karakter. Kalau para generasi millenial ini bisa mempelajari itu luar biasa. Tentang kehalusan budi, bahasa, sikap itu semua ada.

Fatikh bersama segenap kru karawitan, kedua orang tua dan pengurus Pepadi Komda Ponorogo

"Prestasi ini membuktikan bahwa SMPN 1 Ponorogo terus bekerja keras memfasilitasi semua anak yang mempunyai bakat minat untuk maju di medan laga. Setiap event perlombaan apapun akan kita kirim agar bisa berkompetisi dan meraih prestasi seperti ikon SMPN 1 Ponorogo yaitu Karyaku Prestasi Terbaik,” terangnya.

Harap Imam Mujahid, ke depan nanti akan muncul lagi dalang-dalang bocah baru dari SMPN 1 Ponorogo yang bisa menginspirasi bagi generasi yang berikutnya. “Yang kemarin juga sudah kita buat buku dalang bocah yang akan menjadi bukti bahwa konsep-konsep wayang kulit yang di mainkan mengandung pendidikan karakter yang tinggi," pungkasnya.


Reporter: Muchtar Azhari
Editor: Sugeng Prasetyo

Share it:

Prestasi

Post A Comment:

0 comments: