Cinta Tanah Air, Warga Sukosari Agustusan di Sungai

Share it:


Ada yang unik dilakukan oleh warga Desa Sukosari, Kecamatan Babadan, Kabupaten Ponorogo, Jatim dalam memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan RI ke-75, Senin (17/8/2020).

Puluhan warga dari berbagai Dukuh di Desa Sukosari mengikuti upacara detik-detik proklamasi. Menariknya lagi, bocah-bocah, remaja, bapak maupun ibu serta kakek nenek tampak khidmat mengikuti upacara detik-detik proklamasi.

Usai upacara, Sayid Asfari selaku panitia yang juga Ketua Forum Desa Sukosari (FDS) mengatakan kegiatan tersebut dilakukan secara sederhana dan cukup mendadak. "Kami bersama temen-temen merencanakan kegiatan hanya spontan sebagaiwujud kecintaan terhadap tanah air yang hari ini sudah berusia ke-75," ujar Sayid Asfari.

Tidak sebatas upacara, warga Desa Sukosari juga menebarkan ikan ke sungai. "Ada lima puluh kilogram benih ikan kita tebar ke sepanjang kali (sungai) Danyang hari ini," akunya.

Pihaknya juga mengajak warga menjaga, mengawasi kelestarian alam dan lingkungan. "Ayo kita jaga alam ini, ayo kita jaga sungai ini dan mari kita menjadi pelestari dengan melepaskan bibit ikan nila, ikan lele dan juga beberapa bibit ikan yang lain," pintaya.

Selain itu dia juga berharap warga tidak melakukan aksi-aksi yang tidak sesuai dengan kaidah lingkungan seperti nyetrum dan meracun ikan di sungai. "Mari kita bersama-sama mengingatkan karena pelestarian sungai ini ini menjadi tanggung jawab kita bersama," paparnya.

Usai menebar benih ikan, warga Desa Sukosari juga membersihkan sungai dari sampah. "Kita juga bareng-bareng membersihkan sungai ini agar sungai ini bisa seperti sungai-sungai yang ada di luar negeri, bagaimana kali yang di Desa Sukosari ini kembali menjadi kali yang bersih, kali yang indah dan kali yang nyaman untuk kita semuanya," pungkasnya. (Muh Nurcholis)



Sumber:

Seputarponorogo dot Com

Share it:

Budaya

Ponorogo

Post A Comment:

0 comments: