Dapat Pinjaman 200 Milyar, Pemkab Ponorogo Bakal Perbaiki 280 Titik Jalan Tahun ini

Ponorogo - Pemerintah Kabupaten Ponorogo mendapat pinjaman dana 200 Milyard dari PT. Sarana Multi Infrastruktur untuk perbaikan infrastruktur jalan. “Baru saja, saya menandatangani Perjanjian Kredit Pinjaman Daerah dari PT. Sarana Multi Infrastruktur. Sebuah perusahaan yang dibentuk oleh Kementerian Keuangan dengan uang sebesar 200 milyar dalam Program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN),” kata Ipong Muchlisoni, Bupati Ponorogo saat menggelar Pers Rilis di Pringgitan, Selasa Petang, (22/09).

Dana tersebut, lanjut Ipong, akan dipergunakan untuk memperbaiki infrastruktur dengan menyasar pada  + 280 titik jalan di wilayah kabupaten Ponorogo. “PEN hanya boleh untuk pembangunan infrastruktur jalan, tidak boleh yang lain dan harus selesai pekerjaannnya di Desember tahun 2020 ini,” ungkapnya.

Ia pun menjelaskan bahwa Ponorogo merupakan kabupaten pertama di Indonesia yang mendapatkan pinjaman daerah dari PT. SMI dalam program  PEN sebesar 200 Milyar tersebut. “Pinjaman ini bunganya 0 persen, masa waktu pinjaman 5 tahun atau 60 bulan. Jika 200 Milyar dibagi 5 sama dengan 40 Milyard per tahun. Tentu ini akan sangat bermanfaat bagi ponorogo,” jelasnya.


Bupati Ipong menyebut, Dana APBD tahun 2020 teralokasikan untuk DAU, DAK dan Penanganan Covid-19 mencapai 420 Milyard. “Karena seperti diketahui dananya ponorogo APBD 2020 ini kepotong 3 kali dengan totalnya 420 Milyar yaitu pertama DAU + 125 M, kedua DAK + 170 M, dan ketiga sisanya untuk refokusing kegiatan di Dinas PU, Dinas Kesehatan dan Dinas yang lain dipindah untuk penanganan covid-19. Meskipun dana yang digunakan untuk covid-19 belum semuanya terpakai 40 milyard, baru sekitar 33 M untuk penanganan covid-19,” rincinya.

Ia menambahkan dengan pinjaman 200 Milyard akan menggantikannya untuk kepentingan pembangunan infrastruktur. “Jalan-jalan utama yang selama ini belum selesai, akhir Nopember selambatnya pertengahan Desember diharapkan sudah mulus. Ini kabar gembira, sehingga diharapkan ekonomi ponorogo semakin meningkat, semakin bangkit, dan ponorogo semakin baik dan masyarakatnya semakin sejahtera,” pungkasnya. (eh)

Related

UTAMA 7788426224893291864

Posting Komentar Default Comments

emo-but-icon

Populer

Terkini

Semua

item