SeputarPo

Bertahun-tahun Tinggal di Spanyol, Setiap Pulang Kampung Selalu Nanggap Reyog


Ponorogo – Kecintaan Sundari, Warga Desa Pengkol, Kecamatan Kauman terhadap Kesenian Reyog Ponorogo patut diacungi jempol. Meski telah bertahun-tahun tinggal di Spanyol bersama suaminya, Jose Maria Gomes (Warga Negara Spanyol) tetapi tidak membuatnya lupa dengan kesenian tanah kelahirannya.

Reyog Ponorogo justru menjadi kerinduan untuk selalu ingat kampung halaman. Setiapkali pulang ke rumah, Sundari selalu menggelar Seni Reyog Ponorogo. Seperti yang berlangsung di halaman rumahnya pada Minggu, 12/01/2020.
Pertunjukan seni tradisional kebanggaan warga Ponorogo tersebut berlangsung meriah. Antisiasme tinggi masyarakat desa pengkol dan sekitarnya datang menyaksikan atraksi para seniman yang tergabung dalam Group Reyog “Margo Jati Jolo Sutro”.

Ditemui di sela acara, Sundari mengaku acara tersebut sengaja Ia gelar setiap tahunnya sebagai wujud kecintaannya terhadap kebudayaan Ponorogo. “Pada hari ini kami mengadakan pertunjukan reyog ponorogo dalam rangka memperingati hari ulang tahun ke-38 sekaligus wujud kepedulian kami dalam melestarikan seni budaya kebanggaan masyarakat Ponorogo,” ungkapnya.

Masih menurutnya, melalui seni tradisional yang digelar dirinya mengajak untuk berdoa bersama. “Semoga kita semua diberikan keselamatan, kesehatan, panjang umur serta dijauhkan dari segala macam bencana dan marabahaya,” terangnya.

Lebih lanjut, dirinya merasa prihatin dengan adanya bencana yang akhir-akhir ini terjadi di jakarta dan sekitarnya. “Buat saudara-saudaraku yang sedang terdampak bencana banjir yang akhir-akhir ini terjadi, seperti di daerah Jakarta, Bogor dan sekitarnya semoga mendapat kesabaran dan masalah banjir ini bisa segera terselesaikan,” harapnya.

Sementara itu, Mbah Pur, Salah Satu Seniman Seni Reyog Ponorogo juga turut merasa prihatin dengan adanya bencana yang melanda negeri ini. “Melalui pertunjukan seni tradisional ini, saya mengajak untuk berdoa bersama-sama memohon kepada Alloh swt. Sebagai Seniman Reyog Ponorogo yang mencintai negeri ini ikut prihatin, semoga teman kita terdampak banjir bisa menghadapinya dengan sabar, semoga masalah bencana di negeri ini segera terselesaikan dan masyarakatnya bisa hidup dengan rukun dan damai,” pungkasnya.(han)

Related

WISATA 7391211511970411657

Posting Komentar Default Comments

emo-but-icon

Populer

Terkini

Semua

Selamat dan sukses

Selamat dan sukses

Selamat dan Sukses

Selamat dan Sukses

Selamat dan Sukses

Selamat dan Sukses

Terkini

item