SeputarPo

Peringatan Hari Koperasi KE-72, Terpusat Di Sentra Industri Tambakbayan

Bupati Ponorogo, Ipong Muchlisoni saat mengunjungi stan batik di Sentra Industri Tambakbayan

PONOROGO - Peringatan Hari Koperasi Nasional ke 72  terpusat di Sentra Industri Tambakbayan, Jl. Trunojoyo Ponorogo mulai tanggal 28 Juli sampai dengan 4 Agustus 2019.  Memeriahkan acara berupa kegiatan pasar rakyat, pameran dan bazar UMKM, sarasehan, peresmian sentra industri dan jalan sehat. Pada puncaknya, Senin (29/7/2019) menggelar upacara peringati Harkop 72 dengan Bupati Ponorogo, Ipong Muchlissoni bertindak sebagai inspektur upacara.

Menteri Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah RI menyampaikan amanat yang dibacakan langsung Oleh Bupati Ipong Muchlissoni mengatakan, peringatan Hari Koperasi Nasional ke 72 kali ini mengusung tema Reformasi Total Koperasi di Era Revolusi Industri 4.0, diharapkan mampu menghadapi tantangan baru di dunia perkoperasian. “Tidak hanya sekadar mengubah cara berbisnis dengan memanfaatkan perkembangan teknologi informasi semata, namun menyangkut persoalan mindset dan juga perubahan dalam sistem tata kelola. Dalam konteks itu, maka koperasi harus melakukan reformasi total terhadap sistem kepranataan yang sudah berjalan selama ini,” paparnya.

Bupati menambahkan, reformasi total yang telah dijalankan dalam  rentang waktu lima tahun terakhir ini, pada dasarnya mendorong koperasi untuk dapat beradaptasi dan bertransformasi dalam menghadapi lingkungan yang senantiasa berjalan dinamis. “Oleh karena itu, insan koperasi disiapkan untuk mempunyai kreativitas dan inovasi yang tinggi untuk menata organisasi dan strategi bisnisnya. Untuk itu koperasi sudah saatnya memanfaatkan teknologi platform e-commerce, aplikasi retail online dan pengembangan aplikasi-aplikasi bisnis lainnya,” harapnya.

Sementara itu, Kepala dinas Perdakum Ponorogo, Addin Andanawarih, Jumat, (26/7/2019) kepada sejumlah Media menjelaskan peringatan hari koperasi Nasional ke 72 di Ponorogo dilaksanakan murni oleh seluruh gerakan dan insan-insan koperasi yang ada di Ponorogo.  “Harkopnas 2019 di Ponorogo ini akan diikuti oleh gerakan koperasi dari seluruh Ponorogo,” ungkapnya.

Pihaknya menyebutkan bahwa di Ponorogo ada 800 koperasi yang sehat dan masih ada beberapa yang masih perlu pembinaan. “Di Ponorogo ada sekitar 800 koperasi yang sehat dari 1000 lebih yang ada. Dinas Perdakum sendiri terus melakukan pembinaann kepada koperasi yang dinilai tidak sehat,” jelasnya.

Untuk itu, Harkopnas ini kita jadikan momentum untuk memperbaiki sistem per koperasian di Ponorogo. Banyak kegiatan yang akan di gelar di area sentra industri Tambakbayan pada peringatan Harkopnas 2019 ini. “Mulai dari saresehan, pameran industri kecil dan juga hiburan rakyat serta jalan santai bersama,” pungkasnya. (han)

Related

PEMERINTAHAN 6421350554741628915

Posting Komentar Default Comments

emo-but-icon

Populer

Terkini

item